USULAN PENGEMBANGAN EKSTRAKURIKULER
DI SMP UNGGULAN
(Rahmat Sahid, Pasca UMS .2011)
Pembangunan manusia seutuhnya adalah paradigma pendidikan yang menempatkan manusia sebagai subjek. Memperlakukan anak sebagai subjek merupakan penghargaan terhadap anak sebagai manusia yang utuh, yang memiliki hak untuk mengaktualisasikan dirinya secara maksimal. Anak yang sedang mengalami pertumbuhan perlu dididik untuk dapat mengembangkan potensinya.
Sekolah unggulan merupakan kebutuhan jaman yang harus dijawab untuk memberikan akses perkembangan dunia pendidikan yang mampu mengikuti perkembangan global. Masyarakat akan berusaha mendapatkan layanan yang lebih dari sekedar standar dalam pendidikan, agar mampu menghasilkan generasi yang dikehendaki masa depan dan mampu bersaing di segala bidang. Sekolah unggulan akan menyajikan layanan sebagaimanan sebuah perusahaan yang mampu menarik minat konsumen ( siswa , orang tua dan masyarakat ) untuk membeli sesuai dengan kemampuannya.
Pencapaian tujuan sekolah yang tertuang dalam visi, misi, dan operasional kegiatan dalam tahapan dan target waktu tertentu dilaksanakan dalam sebuah sistem yang harmonis sebagaimana symphoni dari semua komponen dan unit unit sebagai pendukungnya.
Dalam rangka memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik, maka diadakan Kegiatan Pengembangan Diri yang dilaksanakan dalam bentuk Ekstrakurikuler bagi seluruh siswa .
Kegiatan ekstrakurikuler dalam sebuah sekolah merupakan komponen sistem yang terbentuk untuk mencapai tujuan pendidikan institusi tersebut. Sekolah unggulan yang menjadi tujuan pilihan banyak siswa,selayaknya menyajikan kegiatan yang beragam untuk menjaring semua keinginan siswa yang bervariasi sesuai bakat dan minatnya. Selain hal tersebut di atas, lebih jauh yaitu dalam rangka pencapaian tujuan sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya ( pembentukan manusia seutuhnya ).
Kegiatan Ekstrakurikuler yang ideal di sebuah sekolah unggulan meliputi penggolongan:
a. Ekstrakurikuler bidang Olah Raga
1. Ekstra. Bela Diri Pencak Silat
2. Ekstra. Sepak Bola
3. Ekstra. Sepak Takraw
4. Ekstra. Futsal
5. Ekstra. Bola Basket
6. Ekstra.Bola Volly
7. Ekstra. Tenis Lapangan
8. Ekstra. Tenis Meja
9. Ekstra. Renang
10. Ekstra. Senam
b. Ekstrakurikuler bidang Seni
1. Ekstra. Seni Musik
2. Ekstra. Seni Olah Vokal
3. Ekstra. Seni Tari
4. Ekstra. Seni Lukis
c. Ekstrakurikuler bidang Keagamaan
1. Ekstra. Baca Tulis Al-Qur”an
2. Ekstra. Qiro” dan Tilawatil Al-Qur”an
3. Ekstra. Kaligrafi Al-Qur”an
4. Ekstra. Pendalaman Kitab Suci ( Kristen dan Katolik )
d. Ekstrakurikuler bidang Ketrampilan
1. Ekstra.Ketrampilan Menjahit dan Bordir.
2. Ekstra. Ketrampilan Komputer dan Internet
3. Ekstra. Ketrampilan Elektronik
e. Ekstrakurikuler bidang Pengembangan Akademik.
1. Ekstra. Kelompok Ilmiah Remaja ( KIR )
2. Ekstra. Olimpiade Sains.
3. Ekstra. Olimpiade Matematika
4. Ekstra. Conversation
Tujuan yang diharapkan dari setiap jenis Ekstrakurikuler adalah :
1. Meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap siswa dalam memahami tentang macam atau jenis ekstrakurikuler tersebut.
2. Memberikan pelatihan untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan non akademik pada para siswa.
3. Menyiapkan siswa secara intelektual , psikologis dan ketrampilan untuk menghadapi lomba macam atau jenis ekstrakurikuler tersebut tingkat kabupaten, propinsi,dan nasional
Macam Ekstrakurikuler tersebut adalah :
1. Ekstra. Bela Diri Pencak Silat
2. Ekstra. Sepak Bola
3. Ekstra. Sepak Takraw
4. Ekstra. Futsal
5. Ekstra. Bola Basket
6. Ekstra.Bola Volly
7. Ekstra. Tenis Lapangan
8. Ekstra. Tenis Meja
9. Ekstra. Renang
10. Ekstra. Senam
11. Ekstra. Seni Musik
12. Ekstra. Seni Olah Vokal
13. Ekstra. Seni Tari
14. Ekstra. Seni Lukis
15. Ekstra. Baca Tulis Al-Qur”an
16. Ekstra. Qiro” dan Tilawatil Al-Qur”an
17. Ekstra. Kaligrafi Al-Qur”an
18. Ekstra. Pendalaman Kitab Suci ( Kristen dan Katolik )
19. Ekstra.Ketrampilan Menjahit dan Bordir.
20. Ekstra. Ketrampilan Komputer dan Internet
21. Ekstra. Ketrampilan Elektronik
22. Ekstra. Kelompok Ilmiah Remaja ( KIR )
23. Ekstra. Olimpiade Sains.
24. Ekstra. Olimpiade Matematika
25. Ekstra. Conversation
Contoh Format program kegiatan ekstrakureikuler
SMP .......................................
Ekstrakurikuler : ..........................
Tempat Kegiatan :.............................
Kelas/ Kelompok :..............................
Pembimbing :............................
No | Bentuk kegiatan | Tujuan | Sasar an | Waktu Kegiatan ( Bulan ) | |||||||||||
7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | ||||
1 | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | | | | | | |
6 | | | | | | | | | | | | | | | |
7 | | | | | | | | | | | | | | | |
8 | | | | | | | | | | | | | | | |
9 | | | | | | | | | | | | | | | |
10 | | | | | | | | | | | | | | | |
11 | | | | | | | | | | | | | | | |
12 | | | | | | | | | | | | | | | |
13 | | | | | | | | | | | | | | | |
14 | | | | | | | | | | | | | | | |
15 | | | | | | | | | | | | | | | |
Mengetahui .....................,...............2010
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
............................... ........................................
NIP......................... NIP...................................
Contoh Format Pelaksanaan kegiatan ekstrakureikuler
SMP .......................................
Ekstrakurikuler : ..........................
Tempat Kegiatan :.............................
Waktu Kegiatan :................................
Kelas/ Kelompok :..............................
Pembimbing :............................
No | Bentuk kegiatan | Tujuan | Sasaran | Hambatan | Tindakan |
1 | | | | | |
2 | | | | | |
3 | | | | | |
4 | | | | | |
5 | | | | | |
6 | | | | | |
7 | | | | | |
8 | | | | | |
9 | | | | | |
10 | | | | | |
11 | | | | | |
12 | | | | | |
13 | | | | | |
14 | | | | | |
15 | | | | | |
Mengetahui .....................,...............2010
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
............................... ........................................
NIP......................... NIP...................................
Contoh Presensi Peserta kegiatan ekstrakureikuler
SMP .......................................
Ekstrakurikuler : .......................... Bulan : ......................................
Tempat Kegiatan :.............................
Waktu Kegiatan :................................
Kelas/ Kelompok :..............................
Pembimbing :............................
No | Nama Peserta | Tanda Tangan Peserta | |||
Minggu 1 | Minggu 2 | Minggu 3 | Minggu 4 | ||
1 | | | | | |
2 | | | | | |
3 | | | | | |
4 | | | | | |
5 | | | | | |
6 | | | | | |
7 | | | | | |
8 | | | | | |
9 | | | | | |
10 | | | | | |
11 | | | | | |
12 | | | | | |
13 | | | | | |
14 | | | | | |
15 | | | | | |
Mengetahui .....................,...............2010
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
............................... ........................................
NIP......................... NIP...................................
mohon share nya
BalasHapusmohon ijin share, yaaaa, hatur nuhun
BalasHapus