Senin, 11 Juli 2011

ANALISIS DATA PENELITIAN KUALITATIF MODEL MILES DAN HUBERMAN


ANALISIS DATA PENELITIAN KUALITATIF MODEL MILES DAN HUBERMAN
( Rahmat Sahid, Pasca UMS. 2011)


BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Perkembangan dunia pendidikan menuntut  kita untuk selalu berinovasi dalam pembelajaran. Dengan pembelajaran yang terstruktur, terarah, terinci dan inovatif tentunya akan menghasilkan kualtitas pembelajaran sesuai dengan yang kita harapkan. Inovasi-inovasi tersebut tidak muncul serta merta tetapi dibutuhkan suatu penelitian yang tidak “gampang”. Dibutuhkan ketekunan, ketelitian dan kemauan yang keras untuk dapat menghasilkan inovasi yang mutakhir.
Keseriusan tersebut juga diwujudkan oleh pemerintah dengan ikut ambil  bagian dalam usaha menemukan inovasi baru dalam dunia pendidikan. Salah satunya dengan adanya  peraturan bahwa  untuk mencapai golongan tetentu dalam strata PNS, seseorang harus mengusulkan suatu pengembangan profesi yang berupa penelitian dalam bidangnya masing-masing. Selain itu lembaga-lembaga di bidang pendidikan juga sedang gencar-gencarnya mengadakan seleksi sebagai usaha mencari inovasi-inovasi baru hasil penelitian yang untuk selanjutnya dikembangkan dan disosialisasikan.
Untuk menghasilkan penelitian yang inovatif, banyak hal yang perlu kita perhatikan yaitu sebelum pelaksanaan penelitian, saat penelitian sampai pada penulisan hasil penelitian. Rangkaian kegiatan tersebut merupakan kunci keberhasilan dalam suatu penelitian. Dengan kata lain, rencana penelitian, proses penelitian dan penulisan hasil penelitian harus menjadi fokus utama penelitian.
Berbagai tahapan dalam penelitian perlu kita cermati mulai dari ide penelitian, jenis  penelitian yang kita pilih, sampel yang diambil, proses pengambilan data, cara menganalisa data selama proses penelitian, metode dalam menganalisa data sampai pada pengambilan kesimpulan hasil penelitian. Analisis data dianggap sebagai kunci utama dalam suatu penelitian, karena dengan cara menganalisis data yang benar dan sesuai kita dapat menuangkan hasil penelitian sebagai suatu laporan ilmiah yang dapat diambil manfaatnya. Sehingga peneliti yang bijak harus mengetahui segala teori-teori yang berkaiatan dengan analisis data agar dapat melakukan penelitian sesuai yang mereka inginkan.
Dalam dunia pendidikan kita lebih familier bentuk penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Dimana kedua penelitian tersebut mempunyai perbedaan nyata. Mulai dari ide, sudut pandang, pengambilan sampel, saat pengambilan data di lapangan sampai pada penulisan hasil penelitiaan sangat berbeda jelas.

B.     PERMASALAHAN
Permasalahan yang ingin penulis kupas dalam makalah  ini adalah :
1.    Bagaimana cara menganalisa data kualitatif  dengan model Miles dan Huberman?
2.    Mengkaji analisis data model Miles dan Hubermen dalam menjawab permasalahan penelitian kualitatif ?

C.    TUJUAN
Dari permasalahan yang penulis pilih, penulis mempunyai tujuan :
1.             Menjelaskan cara menganalisa data dengan model Miles dan Huberman
2.             Mengkaji analisis data model Miles dan Hubermen dalam menjawab permasalahan penelitian kualitatif ?

 BAB II
ANALISIS DATA PENELITIAN KUALITATIF MODEL MILES DAN HUBERMAN

Penelitian kualitatif berbeda dengan penelitian kuantitatif. Penelitian kualitatif sering disebut dengan penelitian naturalistik, etnografik, studi kasus atau fenomenologi. Penelitian kualitatif menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan tentang orang-orang atau perilaku yang dapat di amati. Data kualitatif adalah data yang berbentuk kata-kata, bukan dalam bentuk angka (Depdiknas,2008).
Penelitian kualitatif umumnya mengambil sampel lebih kecil, dan pengambilannya cenderung memilih yang purposif daripada acak. Penelitian kualitatif lebih mengarah ke penelitian proses daripada produk; dan biasanya membatasi pada satu kasus.
Data kualitatif diperoleh melalui berbagai macam teknik pengumpulan data misalnya wawancara, analisis dokumen, diskusi terfolus, atau observasi yang telah dituangkan dalam catatan lapangan (transkrip). Bentuk lain data kualitatif adalah gambar yang peroleh melalui pemotretan atau rekaman video.
A.           ANALISIS DATA KUALITATIF
Pada awalnya para peneliti kualitatif tidak menjelaskan secara rinci kegiatan analisis dalam penelitiannya. Pada perkembangan selanjutnya para peneliti sejenis telah berupaya untuk menjelaskan proses analisisnya secara rinci, meskipun masih beragam caranya. Namun, hal itu dapat dipahami sesuai dengan sifat keterbukaan dan kelenturan metode ini (Sutopo, 2002).
Data-data yang diperoleh selama melaksanakan penelitian tidak memiliki arti apapun jika tidak diolah, dianalisis dan disajikan dengan cermat dan sistematis. Analisis data dalam penelitian kualitatif bersifat induktif dan berkelanjutan. Tujuan akhir analisis data kualitatif adalah untuk memperoleh makna, menghasilkan pengertian-pengertian, konsep-konsep serta mengembangkan hipotesis atau teori baru. Analisis data kualitatif adalah proses mencari serta menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lainnya sehingga mudah dipahami agar dapat diinformasikan kepada orang lain.
Analisis data penelitian kualitatif dilakukan dengan mengorganisasikan data, menjabarkannya ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan mana yang akan dikaji dimulai sejak sebelum peneliti memasuki lapangan, dilanjutkan pada saat peneliti berada di lapangan secara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas sehingga datanya jenuh. Kejenuhan data ditandai dengan tidak diperolehnya lagi data atau informasi baru.
B.      ANALISIS DATA KUALITATIF SEBELUM DI LAPANGAN
Analisis dilakukan terhadap data hasil studi pendahuluan, atau data sekunder, yang akan digunakan untuk menentukan fokus penelitian. Namun hal ini bersifat sementara, dan akan berkembang setelah peneliti masuk dan selama di lapangan. Semisal penelitian difokuskan pada pohon jati, setelah peneliti masuk ke hutan beberapa lama, ternyata hutan tersebut tidak ada pohon jati. Bagi peneliti kuantitatif tentu akan membatalkan penelitiannya, tetapi kalau peneliti kualitatif tidak, karena fokus penelitiannya bersifat sementara  dan akan berkembang setelah di lapangan. Bagi peneliti kualitatif kalau fokus penelitian yang dirumuskan pada proposal tidak ada di lapangan, maka peneliti akan merubah fokusnya.
C.          ANALISIS DATA KUALITATIF SELAMA DI LAPANGAN MODEL MILES DAN HUBERMAN
Miles dan Hubermen (1984), mengemukakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh. Ukuran kejenuhan data ditandai dengan tidak diperolehnya lagi data atau informasi baru. Aktivitas dalam analisis meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta Penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing  / verification).
Sejumlah peneliti kualitatif berupaya mengumpulkan data selama mungkin dan bermaksud akan menganalisis setelah meninggalkan lapangan. Cara tersebut untuk peneliti kualiatatif salah, karena banyak situasi atau konteks yang tak terekam dan peneliti lupa penghayaatan situasinya, sehingga berbagai hal yang terkait dapat berubah menjadi fragmen-fragmen tak berarti. Sehingga pekerjaan pengumpulan data bagi peneliti kaulitatif harus langsung diikuti dengan pekerjaan menuliskan, mengedit, mengklasifikasikan, mereduksi, dan menyajikan; yang selanjutnya
Analisis data kualitatif model Miles dan Hubermen terdapat 3 (tiga) tahap:
  1. Tahap Reduksi Data
Sejumlah langkah analisis selama pengumpulan data menurut Miles dan Huberman adalah :
Pertama, meringkaskan data kontak langsung dengan orang, kejadian dan situasi di lokasi penelitian. Pada langkah pertama ini termasuk pula memilih dan meringkas dokumen yang relevan.
Kedua, pengkodean. Pengkodean hendaknya memperhatikan setidak-tidaknya empat hal :
a.  Digunakan simbul atau ringkasan.
b.  Kode dibangun dalam suatu struktur tertentu.
c.  Kode dibangun dengan tingkat rinci tertentu
d. Keseluruhannya dibangun dalam suatu sistem yang integratif.
Ketiga, dalam analisis selama pengumpulan data adalah pembuatan catatan obyektif.Peneliti perlu mencatat sekaligus mengklasifikasikan dan mengedit jawaban atau situasi sebagaimana adanya, faktual atau obyektif-deskriptif.
Keempat, membuat catatan reflektif. Menuliskan apa yang terangan dan terfikir oleh peneliti dalam sangkut paut dengan catatan obyektif tersebut diatas. Harus dipisahkan antara catatan obyektif dan catatan reflektif
Kelima, membuat catatan marginal. Miles dan Huberman memisahkan komentar peneliti mengenai subtansi dan metodologinya. Komentar subtansial merupakan catatan marginal.
Keenam, penyimpanan data. Untuk menyimpan data setidak-tidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan :
a. Pemberian label
b. Mempunyai format yang uniform dan normalisasi tertentu
c. Menggunakan angka indeks dengan sistem terorganisasi baik.
Ketujuh, analisis data selama pengumpulan data merupakan pembuatan memo. Memo yang dimaksud Miles dan Huberman adalah teoritisasi ide atau konseptualisasi ide, dimulai dengan pengembangan pendapat atau porposisi.
Kedelapan, analisis antarlokasi. Ada kemungkinan bahwa studi dilakukan pada lebih dari satu lokasi atau dilakukan oleh lebih satu staf peneliti. Pertemuan antar peneliti untuk menuliskan kembali catatan deskriptif, catatan reflektif, catatn marginal dan memo masing-masing lokasi atau masing-masing peneliti menjadi yang konform satu dengan lainnya, perlu dilakukan.
Kesembilan, pembuatan ringkasan sementara antar lokasi. Isinya lebih bersifat matriks tentang ada tidaknya data yang dicari pada setiap lokasi.
Mencermati penjelasan di atas, seorang peneliti dituntut memiliki kemampuan berfikir sensitif dengan kecerdasan, keluasan serta kedalaman wawasan yang tertinggi. Berdasarkan kemampuan tersebut peneliti dapat melakukan aktivitas reduksi data secara mandiri untuk mendapatkan data yang mampu menjawab pertanyaan penelitian. Bagi peneliti pemula, proses reduksi data dapat dilakukan dengan mendiskusikan pada teman atau orang lain yang dipandang ahli. Melalui diskusi tersebut diharapkan wawasan peneliti akan berkembang, data hasil reduksi lebih bermakna dalam menjawab pertanyaan penelitian.
  1. Tahap Penyajian Data/ Analisis Data Setelah Pengumpulan Data
Pada tahap ini peneliti banyak terlibat dalam kegiatan penyajian atau penampilan (display) dari data yang dikumpulkan dan dianalisis sebelumnya, mengingat bahwa peneliti kualitatif banyak menyusun teks naratif.  Display adalah format yang menyajikan informasi secara tematik kepada pembaca. Miles dan Huberman (1984) memperkenalkan dua macam format, yaitu : diagram konteks (context chart) dan matriks.
Penelitian kualitatif  biasanya difokuskan pada kata-kata, tindakan- tindakan orang yang terjadi pada konteks tertentu. Konteks tersebut dapat dilihat sebagai aspek relevan segera dari situasi yang bersangkutan, maupun sebagai aspek relevan dari sistem sosial dimana seseorang berfungsi (ruang kelas, sekolah, departemen, keluarga, agen, masyarakat lokal), sebagai ilustrasi dapat dibaca Miles dan Huberman (1984:133)
Penyajian data diarahkan agar data hasil reduksi terorganisirkan, tersusun dalam pola hubungan, sehingga makin mudah dipahami dan merencanakan kerja penelitian selanjutnya. Pada langkah ini peneliti berusaha menyusun data yang yang relevan sehingga menjadi informasi yang dapat disimpulkan dan memiliki makna tertentu. Prosesnya dapat dilakukan dengan cara menampilkan data, membuat hubungan antar fenomena untuk memaknai apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang perlu ditindaklanjuti untuk mencapi tujuan penelitian. Penyajian data yang baik merupakan satu langkah penting menuju tercapainya analisis kualitatif yang valid dan handal.
Miles and Hubermen (1984) menyatakan : ”the most frequent form of display data for qualitative research data in the post has been narrative text”/yang paling sering digunakan untuk menyajikan data dalam penelitian kualitatif adalah dengan teks yang bersifat naratif.  Miles dan Huberman membantu para peneliti kualitatif dengan model-model penyajian data yang analog dengan model-model penyajian data kuantitatif statis, dengan menggunakan tabel, grafiks, amatriks dan semacamyan; bukan diisi dengan angka-angka melainkan dengan kata atau phase verbal.
Dalam bukunya Qualitative Data Analysis disajikan mengenai model-model penyajian data untuk analisis kualitatif.  Miles dan Huberman dengan model-modelnya itu dimaksudkan untuk mendorong tumbuhnya kreativitas membuat modelnya sendiri, bukan hanya sekedar konsumen model Miles dan Huberman. Miles dan Huberman menyajikan 9 model dengan 12 contoh penyajian data kualitatif bentuk matriks, gambar atau grafik analog dengan model yang biasanya digunakan dalam metodologi penelitian kuantitatif statistik.
Model 1 adalah model untuk mendeskripsikan model penelitian. Dapat berupa sosiogram, organigram atau menyajikan peta geografis.
Model 2  adalah model yang dipakai untuk memantau komponen atau dimensi penelitian, yaitu dengan checklist matrik. Karena matriks itu tabel dua dimensi, maka pada barisnya dapat disajikan komponen atau dimensinya, pada kolom disajikan kurun waktunya. Isi checklist hanyalah tanda-tanda singkat.
Model 3 adalah model untuk mendeskripsikan perkembangan antar waktu. Isinya bukan sekedar tanda cek, melainkan ada diskripsi verbal dengan satu kata atau phase.
Model 4 adalah matriks tataperan, yang mendeskripsikan pendapat, sikap, kemampuan atau lainnya dari berbagai pemeranan.
Model 5  adalah matriks konsep terklaster. Digunakan untuk meringkas berbagai hasil penelitian dari berbagai ahli yang pokok perhatiannya berbeda.
Model 6 adalah matriks tentang efek atau pengaruh. Model ini hanya mengubah fungsi-fungsi kolom-kolomnya, diganti untuk mendeskripsikan perubahan sebelum dan sesudah mendapat penyuluhan, sebelum dan sesudah deregulasi dan yang semacamnya.
Model 7 adalah matriks dinamika lokasi. Melalui model ini diungkap dinamika lokasi untuk berubah. Model ini berguna bagi peneliti yang memang hendak melihat dinamika sosial suatu lokasi, tetapi memang tidak banyak peneliti yang mengungkap hal tersebut cukup sulit.
Model 8 adalah menyusun daftar kejadian. Daftar kejadian dapat disusun kronologis atau diklasterkan.
Model 9 adalah jaringan klausal dari sejumlah kejadian yang ditelitinya. Dari deskripsi atau sajian yang diringkaskan dalam berbagai model tersebut dapat diharapkan agar mempermudah kita untuk merumuskan prediksi kita.
Selanjutnya disarankan dalam melakukan display data, selain dengan teks yang naratif juga dapat berupa : bagan, hubungan antar kategori, diagram alur (flow chart), pictogram, dan sejenisnya. Kesimpulan yang dikemukakan ini masih bersifat sementara dan akan berubah bila ditemukan bukti-bukti kuat yang mendukung tahap pengumpulan data berikutnya.     
  1. Tahap Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi
Langkah selanjutnya adalah tahap penarikan kesimpulan berdasarkan temuan dan melakukan verifikasi data. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa kesimpulan awal yang dikemukakan masih bersifat sementara dan akan berubah bila ditemukan bukti-bukti buat yang mendukung tahap pengumpulan data berikutnya. Proses untuk mendapatkan bukti-bukti inilah yang disebut sebagai verifikasi data. Apabila kesimpulan yang dikemukakan pada tahap awal didukung oleh bukti-bukti yang kuat dalam arti konsisten dengan kondisi yang ditemukan saat peneliti kembali ke lapangan maka kesimpulan yang diperoleh merupakan kesimpulan yang kredibel.
Langkah verifikasi yang dilakukan peneliti sebaiknya masih tetap terbuka untuk menerima masukan data, walaupun data tersebut adalah data yang tergolong tidak bermakna. Namun demikian peneliti pada tahap ini sebaiknya telah memutuskan anara data yang mempunyai makna dengan data yang tidak diperlukan atau tidak bermakna. Data yang dapat diproses dalam analisis lebih lanjut seperti absah, berbobot, dan kuat sedang data lain yang tidak menunjang, lemah, dan menyimpang jauh dari kebiasaan harus dipisahkan.
Kualitas suatu data dapat dinilai melalui beberapa metode, yaitu :
a.       mengecek representativeness atau keterwakilan data
b.      mengecek data dari pengaruh peneliti
c.       mengecek melalui triangulasi
d.      melakukan pembobotan bukti dari sumber data-data yang dapat dipercaya
e.       membuat perbandingan atau mengkontraskan data
f.       menggunakan kasus ekstrim yang direalisasi dengan memaknai data negatif
Dengan mengkonfirmasi makna setiap data yang diperoleh dengan menggunakan satu cara atau lebih, diharapkan peneliti memperoleh informasi yang dapat digunakan untuk mendukung tercapainya tujuan penelitian. Penarikan kesimpulan penelitian kualitatif diharapkan merupakan temuan baru yang belum pernah ada. Temuan tersebut dapat berupa deskripsi atau gambaran suatu objek yang sebelumnya remang-remang atau gelap menjadi jelas setelah diteliti. Temuan tersebut berupa hubungan kausal atau interaktif, bisa juga berupa hipotesis atau teori.


BAB III
PENUTUP

  1. SIMPULAN
1.      Analisis data penelitian kualitatif menurut Miles dan Hubermen ada tiga tahap, yaitu :
a.       Tahap reduksi data
b.      Tahap penyajian data
c.       Tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi data
Langkah-langkah dalam tahap reduksi, yaitu :
1.      Meringkaskan data kontak langsung dengan orang, kejadian dan situasi di lokasi penelitian.
2.      Pengkodean.
3.      Pembuatan catatan obyektif.
4.      Membuat catatan reflektif.
5.      Membuat catatan marginal.
6.      Penyimpanan data.
7.      Pembuatan memo.
8.      Analisis antarlokasi.
9.      Pembuatan ringkasan sementara antar lokasi.
Tahap penyajian, pada tahapan ini dikembangkan model-model:
1.      Mendeskripsikan konteks dalam penelitian.
2.      Cheklist matriks
3.      Mendeskripsikan perkembangan antar waktu.
4.      Matriks tata peran
5.      Matriks konsep terklaster.
6.      Matriks efek dan pengaruh
7.      Matriks dinamika lokasi
8.      Daftar Kejadian
Tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Kesimpulan hasil penelitian yang diambil dari hasil reduksi dan panyajian data adalah merupakan kesimpulan sementara. Kesimpulan sementara ini masih dapat berubah jika ditemukan bukti-bukti kuat lain pada saat proses verifikasi data di lapangan. Jadi proses verifikasi data dilakukan dengan cara peneliti terjun kembali di lapangan untuk mengumpulkan data kembali yang dimungkinkan akan memperoleh bukti-bukti kuat lain yang dapat merubah hasil kesimpulan sementara yang diambil. Jika data yang diperoleh memiliki keajegan (sama dengan data yang telah diperoleh) maka dapat diambil kesimpulan yang baku dan selanjutnya dimuat dalam laporan hasil penelitian.
2.      Analisis penelitian kualitatif menurut Miles dan Hubermen dapat disimpulkan mampu menjawab permasalahan penelitian kualitatif. Hal ini didasarkan pada tahapan-tahapan penelitian yang tersusun secara sistematis dan runtut, alamiah (tanpa memanipulasi data), logis, aktual dan dapat dipertanggungjawabkan. Di samping itu, kesimpulan yang diambil pada penelitian kualitatif menggunakan analisis data Miles dan Hubermen dapat dipertanggungjawabkan karena telah melalui tahapan verifikasi data.
 
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas, Pengolahan dan Analisis Data Penelitian; 2008
Milles, M.B. and Huberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication
Patilima, Hamid. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Muhadji, Noeng. Metodologi Penelitian Kualitatif.Yogyakarta:
Sonhaji, Ahmad.1994.Penelitian Kualitatif dalam Bidang Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan.Malang:Kalimasada Press

60 komentar:

  1. Postingannya sangat menarik dan membantu... mhon ijin untuk di copy yaa. trims

    BalasHapus
  2. Nice Post Sangat Membantu Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya
    http://contohbimbinganskripsi.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Mohon ijin copy. Trimakasih

    BalasHapus
  4. Informasi yang bagus bagi yang sedang belajar cara menganalisis data penelitian kualitatif. Terima kasih sudah berbagi informasinya

    BalasHapus
  5. kalo data hasil wawancara narasumber Mukena gmana cara ngolahnya?

    BalasHapus
  6. Makasih ya artikel tentang miles dan hubermannya sangat bermanfaat. Thnks :D

    BalasHapus
  7. tulisannya bagus,
    saya kurang paham, kalau boleh saya minta contoh real data yg sudah di analisa beserta tabel-tabelnya ke email saya uspan.sayuti@yahoo.com. thanks salam ilmu

    BalasHapus
  8. Thanks utk artikelnya, jadi ada gambaran tentang analisa miles and huberman-nya.
    Punya request yang sama dg yg di atas. Bisa beri contoh tabel-tabel yang disebutkan itu?
    Terimakasih

    BalasHapus
  9. kalau ada contoh dalam mengolah data dan tabelnya akan sangat membantu sekali. apalagi sy msh belajar meulis skripsi sendiri. mohon bantuan nya makasih

    BalasHapus
  10. alhamdulillah, makasih infonya, materinya sangat membantu dalam penyusunan skripsi saya.

    BalasHapus
  11. It's truly helpful. terimakasih pak.

    BalasHapus
  12. boleh minta salah satu contoh studi kasus terkait dengan PENELITIAN KUALITATIF MODEL MILES DAN HUBERMAN, boleh di share lewat Email: acasiosau@gmail.com
    terimakasi sebelumnya...Salam

    BalasHapus
  13. INFORMASI ANALISIS DATA YANG KEREN. Mohon informasi tambahan, apakah pendekatan analisis Miles dan Huberman ini bisa dikenakan pada penelitian kualitatif Jenis Studi Naratif juga? Karena sumber data dari studi naratif adalah individu tunggal. Tks

    BalasHapus
  14. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  15. Terima kasih,materinya sangat membantu dalam penyusunan proposal KIPA sya.

    BalasHapus
  16. Daftar Agen Judi Poker, Adukiu, QQ, BandarQ Online Terpercaya Di Indonesia Sekarang Juga...
    Tingkat kemenangan 80% Ayo Buruan Tunggu Apa Lagi Daftarkan Diri anda sekarang juga...
    CentralQQ
    CentralQQ
    CentralQQ
    CentralQQ
    CentralQQ
    CentralQQ

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Terimakasih banyak buat penulis. Postingan ini sangat bermanfaat. Apalagi saya, adalah seorang pemula untuk membuat skripsi. Semoga dengan poatingan ini menjadi Amal jariyah bagi penulis juga pembaca dan penyampainya. Aamiin.

    BalasHapus
  19. sangat membantu pak. terima kasih

    BalasHapus
  20. Many thanks for the great blog you’ve created at americanintelligencereport.com. Your enthusiasm is absolutely inspiring. Thanks again!
    power-bi Training Institute

    python Training Institute

    BalasHapus
  21. Ini cocok bagi yang kerja menjadi penyuluhan pertanian... dengan cara ini mudah mudahan dapat dimengerti oleh banyak masyarakat.



    Blogger Sengsara

    BalasHapus
  22. For such kind of information, be always in contact with us through our blogs. To locate the reliable way to obtain assist to create customer checklist in QB desktop, QuickBooks online and intuit online payroll? Our QuickBooks Payroll Support Phone Number you better.

    BalasHapus
  23. QuickBooks Enterprise Support Number We now have trained staff to soft your issue. Sometimes errors may possibly also happen as a consequence of some small mistakes. Those are decimals, comma, backspace, etc. Are you go through to deal with this? If you do not, we have been here that will help

    BalasHapus
  24. If you run into any difficulty regarding QuickBooks Payroll service and you are clearly happy to find a very good way to avoid it, the essential ideal solution should be to contact the QuickBooks Payroll Support USA, they offer you with expert opinion in the malfunction that you will be facing and would also guide you through the complete procedure for obtaining the issue resolved.

    BalasHapus
  25. Utilizing the assistance of QuickBooks Support Phone Number users will maintain records like examining, recording and reviewing the complicated accounting procedures.

    BalasHapus
  26. QuickBooks is available for users across the world as the best tool to offer creative and innovative features for business account management to small and medium-sized business organizations. If you’re encountering any kind of QuickBooks’ related problem, you can get all that problems solved just by using the QuickBooks Technical Support Phone Number.

    BalasHapus
  27. Our support also also includes handling those errors that always occur when your type of QuickBooks has been infected by a malicious program like a virus or a spyware, which could have deleted system files, or damaged registry entries. Moreover, our QuickBooks Enterprise Technical Support Team also handle any type of technical & functional issue faced during installation of drivers for QB Enterprise; troubleshoot every other glitch which will arise in this version or the multi-user one. QuickBooks Enterprise is a highly advanced software suit that provides you more data handling capacity, more advanced and improved inventory management features and support for handling multiple entities at the same time. This software suit is ideal for businesses that have outgrown the entry level accounting software requirements consequently they are now interested in something more powerful and more feature rich to address more business functions in a much lesser time.

    BalasHapus

  28. QuickBooks Technical Support Number has almost changed this might be of accounting. Nowadays accounting has exploded in order to be everyone’s cup of tea and that’s only become possible because as a result of the birth of QuickBooks accounting software.

    BalasHapus
  29. Stay calm when you are getting any trouble using payroll. You just need to make one call to solve your trouble by using the Intuit Certified Pro Advisor. Dial QuickBooks Payroll Help Phone Number USA for effective solutions for basic, enhanced and intuit full service payroll. Whether the issue relates to the tax table update, service server, payroll processing timing, Intuit server unable to respond, or QuickBooks update issues; we assure you to deliver precise technical assist with you on time.

    BalasHapus
  30. QuickBooks Support Number professionals are terribly dedicated and may solve your entire issues minus the fuss. If you call, you are greeted by our client service representative when taking all of your concern he/she will transfer your preference into the involved department.

    BalasHapus
  31. Our hard-working QuickBooks Customer Support Phone Number team that contributes into the over all functioning of your business by fixing the errors that could pop up in QuickBooks Payroll saves you against stepping into any issue further.

    BalasHapus
  32. Retail: the absolute most time-consuming business type is retail. QuickBooks Enterprise Support Phone Number needs lot of a while time and effort. With QB Enterprise it becomes super easy to manage the entire hassle associated with selection of business.

    BalasHapus
  33. Sometimes you don't forecast the precise budget. We've got experienced people to offer the figure. We're going to also provide you with the figure of your respective budget which you can be in the near future from now. This is only possible with Support For QuickBooks.

    BalasHapus
  34. you can just get tech support team from our amazing expert’s team, day time and night to easily solve any issues or errors pertaining to QuickBooks Tech Support Number.

    BalasHapus
  35. A business must notice salaries, wages, incentives, commissions, etc., it has paid to your employees in an occasion period. Most of all is the tax calculations must be correct and in line with the federal and state law. Our QuickBooks Support Phone Number will certainly make suggestions in working with all of this.

    BalasHapus
  36. If you’re looking for small-business accounting solutions, initial thing experts and happy costumers will recommend you is QuickBooks Technical Support Number products for construction contractors through the Quickbooks Pro, Simple Start Plus Pack, Quickbooks Premier Contractor, and Quickbooks Enterprise .

    BalasHapus
  37. Every user will get 24/7 support services with this online technical experts using QuickBooks support contact number. When you’re stuck in a situation in which you can’t discover a way to eliminate a concern, all that's necessary is to dial QuickBooks Support Number.

    BalasHapus
  38. You might have trapped into an issue with Intuit product and payroll services? You will end up ready to understand the best approach to get your hands on the client support team. QuickBooks Technical Support Phone Number welcome you 24*7 to gain access to the many support services of Intuit products asking for help.

    BalasHapus
  39. QuickBooks Enterprise features its own awesome features which can make it more reliable and efficient. Let’s see some awesome features which may have caused it is so popular. If you should be also a QuickBooks user and desires to get more information concerning this software you could browse the QuickBooks Enterprise Help Phone Number.

    BalasHapus
  40. QuickBooks Error Code 6000-301 takes place when accessing the company file in Quickbooks accounting software. This error may be brought on by various defect and damages to QuickBooks desktop.

    BalasHapus
  41. it is commonplace to manage any errors on your own QuickBooks Tech Support Number if you're doing not proceed with the syntax, if the code is not put in properly or if you’re having any corruption within the information of the QuickBooks.

    BalasHapus
  42. If this doesn’t help you, go ahead and connect to us at QuickBooks Technical Support Number. Most of us works 24*7 and serve its customers with excellent service each time they contact us. Regardless of what issue is and however complex it really is, we assure you that we offers you optimal solution as soon as possible.

    BalasHapus
  43. QuickBooks Payroll is a finish to get rid of business, advanced competitive accounting software. But as it is reasonably limited software with many enhanced functions, taking QuickBooks Payroll Support Number when it comes to software is an improved solution to run this impressive software without having any technical issue.

    BalasHapus
  44. If this doesn’t help you, go ahead and connect to us at QuickBooks support telephone number. The majority of us works 24*7 and serve its customers with excellent service each time they e mail us. QuickBooks Tech Support Number doesn't matter what issue is and however complex it truly is, we assure you that individuals offers you optimal solution as quickly as possible.

    BalasHapus
  45. In troubleshooting the problem, keeping a track of when and where your 9999 error occurs, is a very critical piece of information. Error 9999 is mainly caused due to the misconfiguration of system files in your windows operating system. If you would like to learn How To Troubleshoot QuickBooks Error 9999, you can continue reading this blog.

    BalasHapus
  46. Boleh saya minta dong contoh reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan

    BalasHapus